gunakan gadget anda sebagai media presentasi.

Ada banyak cara untuk membuat audiens terkesan dengan presentasi anda. Salah satunya dengan menjadikan gadget seperti smartphone atau tablet sebagai media presentasi.

Saat ini sudah tersedia aplikasi mirip Microsoft Office sebagai alat bantu untuk bekerja secara mobile. Favorit saya adalah OfficeSuite 7 dan Adobe Reader yang bisa diinstall langsung dari Google PlayStore.


Untuk menyambungkan gadget dengan proyektor dibutuhkan kabel interface. Biasanya proyektor terhubung ke laptop dengan kabel VGA atau kabel HDMI.

VGA cable HDMI  cable
Nah, agar gadget anda terhubung dengan kedua macam kabel di atas. anda butuh kabel yang salah satu ujungnya bisa dicolokkan ke gadget anda (contoh, micro USB) dan ujung lainnya bisa dicolokkan ke kabel VGA atau kabel HDMI. Jadi anda butuh kabel micro USB ke VGA atau micro USB ke HDMI seperti gambar di bawah ini :

microUSB-to-VGA cablemicroUSB-to-HDMI cable
Ada juga kabel yang bisa menghubungkan gadget LANGSUNG ke proyektor. Yaitu kabel MHL.



Masalahnya, kabel MHL ini biasanya pendek dan colokan HDMI hanya tersedia di proyektor model baru atau proyektor mahal. Jika proyektor anda terletak cukup jauh dari posisi anda saat presentasi, maka yang lebih anda butuhkan adalah kabel micro USB ke VGA atau micro USB ke HDMI. Nah, silahkan pilih kabel apa yang benar-benar anda butuhkan untuk presentasi. Selamat mencoba...


Hint: jangan lupa men-download bahan kuliah STIE P di tinyurl.com/stiep